Mendalami Investasi dan Pendanaan P2P Lending dan Cara Kerjanya

November 25, 2021 by - Keuangan

Mendalami Investasi dan Pendanaan P2P Lending dan Cara Kerjanya

Meningkatkannya pertumbuhan P2P lending ini dipicu dari banyaknya usaha UMKM yang sulit mendapatkan pendanaan atau pinjam untuk modal usaha mereka.  P2P lending Indonesia tidak hanya diperuntukkan bagi UMKM, namun bisa diakses oleh orang-orang yang membutuhkan biaya pendidikan, kesehatan, dan pinjaman lainnya. 

Apa Itu P2P Lending?

P2P lending adalah  jasa peminjaman online yang menggunakan mata uang rupiah. Pinjaman ini akan diberikan secara langsung oleh pemberi pinjaman dan penerima peminjaman.  Jasa ini biasa diawasi oleh badan tertentu yang mengatur bagaimana sistem kerja mereka. 

Untuk itu anda yang ingin melakukan pinjaman online lebih baik memilih tempat yang sudah di awasi oleh OJK.  Hal ini karena banyak usaha P2P lending yang bermunculan dan belum tentu usaha tersebut sudah terdaftar di OJK. Bila anda salah memilih tempat peminjaman kemungkinan anda terkena tipu itu lebih besar.

Biasanya mereka membuat sebuah fitur online yang memberikan layanan super mudah untuk melakukan pinjaman.  Fitur ini sering disebut dengan  aplikasi pinjol.  Peminjaman di aplikasi online jauh lebih mudah dan cepat teracc daripada melakukan pijaman di badan keuangan yang konvensional.  Untuk itu saat ini banyak sekali orang melakukan peminjaman secara online. 

Cara Kerja P2P Lending

  • Sistem kerja dari sisi peminjam

Peminjam harus mengajukan peminjaman dengan cara melakukan pengisian identitas secara lengkap di sebuah platform tertentu. Identitas ini dibutuhkan  aplikasi peminjaman untuk mengukur seberapa mampu peminjam tersebut.

Setelah melakukan pengisian data, maka tahap selanjutnya adalah analisis dan persetujuan.  Tim akan melakukan persetujuan dan analisis sebelum dilakukan pendanaan.  Pendanaan akan dilakukan sesuai dengan isi data yang telah diberikan. Langkah selanjutnya peminjam akan mendapatkan  dana yang telah mereka ajukan. 

Kemudian tanggung jawab seorang peminjam adalah melakukan pembayaran sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Jika pembayaran tidak sesuai jadwal maka peminjam akan mendapat denda secara berkala sesuai dengan keterlambatan. 

  • Sistem kerja dari segi pendana

Dari segi pendana, mereka harus melakukan analisis data sesuai dengan yang ada pada sheet peminjam. Setelah itu mereka memberikan range dana sesuai dengan data yang sudah ada.  mereka juga bisa memberikan pinjaman sesuai dengan tawaran. Dan yang terakhir mereka akan mendapat pembayaran dari pinjaman yang telah mereka berikan.  P2P lending ini akan bekerja secara online. sehingga kemudahannya sangat menguntungkan anda yang membutuhkan dana darurat. 

Dari penjelasan di atas semoga anda lebih memahami apa itu P2P lending  dan cara kerjanya. Dengan begitu anda bisa melakukan reset terlebih dahulu sebelum melakukan pinjaman dengan usaha tersebut.  Hal ini berguna untuk menghindari penipuan.   Untuk itu anda harus lebih berhati-hati bila ingin melakukan peminjaman online. Pilih tempat yang terpercaya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *