Pihak Mana Yang Paling Diuntungkan Dari Adanya Bunga Bank? Nasabah atau Pihak Bank?

November 15, 2021 by - Bunga Bank

Pihak Mana Yang Paling Diuntungkan Dari Adanya Bunga Bank? Nasabah atau Pihak Bank?

Selama ini, yang kita tahu adalah bunga yang ditawarkan oleh bank adalah demi keuntungan para nasabahnya. Namun, apakah bunga bank itu benar-benar menguntungkan nasabah? Atau justru pihak bank yang mendapatkan lebih banyak keuntungan? Simak penjelasan di bawah ini.

Seperti yang kita tahu, bank selalu menawarkan bunga yang diharapkan akan lebih memudahkan atau menguntungkan para nasabahnya. Misalnya, ketika seorang nasabah memiliki simpanan di bank sebesar Rp. 500.000 atau lebih, nasabah diberi jaminan akan mendapat tambahan saldo sesuai dengan suku bunga bank yang berlaku.

Apa Keuntungan yang Didapat Oleh Bank Setelah Memberi Bunga

Mungkin anda akan berpikir, darimana bank akan mendapatkan keuntungan, jika nasabah hanya menyimpan uang dan mendapat saldo tambahan dari bunga bank? 

Dari pengertiannya, bunga bank merupakan balas jasa. Ketika nasabah telah mempercayakan uangnya disimpan di sebuah bank, maka balasannya adalah penambahan saldo rekening sesuai suku bunga bank yang berlaku. Lalu apa balas jasa nasabah terhadap bank yang sudah menjaga uang mereka dengan baik? Memberi bonus pula.

Sebenarnya, dengan tawaran bunga bank yang menggiurkan, tentu akan menarik minat masyarakat untuk menabung. Dengan bertambahnya jumlah nasabah, maka kesempatan pihak bank untuk menawarkan produk mereka yang lain seperti kredit akan semakin tinggi.

Kredit inilah yang menjadi salah satu sumber pemasukan yang akan diterima oleh pihak bank. Hasil yang perbankan dapat dari perhitungan bunga bank kredit yang dibebankan kepada nasabah adalah keuntungan bersih dari usaha perbankan. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa bunga yang ditawarkan merupakan cara pihak bank mempromosikan layanan mereka. Agar banyak calon nasabah yang membuka rekening baru di layanan perbankan mereka.

Lalu, Siapa yang Lebih Diuntungkan?

Pada dasarnya tidak ada yang lebih diuntungkan karena baik nasabah maupun pihak bank memiliki keuntungan dari suku bunga bank masing-masing. Selayaknya hubungan antar manusia, hubungan nasabah dengan pihak bank juga merupakan hubungan yang ada timbal balik saling menguntungkan didalamnya.

Jika balas jasa seorang nasabah adalah bunga bank simpanan, maka balas jasa pihak bank adalah bunga kredit.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *