Kenali Perbedaan Sekolah dengan Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Nasional

November 4, 2021 by - Education

Kenali Perbedaan Sekolah dengan Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Nasional

Selain adanya kurikulum nasional, terdapat pula kurikulum internasional yang digunakan di beberapa sekolah di Indonesia, terutama sekolah swasta. Salah satu faktor penggunaan kurikulum Internasional adalah berubahnya ekspektasi orang tua murid yang mungkin ingin anaknya bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri atau sekolah dengan taraf internasional lainnya di Indonesia, seperti SMA Cambridge.

Mata pelajaran yang diajarkan

Ada perbedaan yang sangat mencolok antara penggunaan kurikulum nasional dengan kurikulum Cambridge, seperti mata pelajaran yang dipelajari oleh siswanya. Semua kurikulum nasional dari dulu sampai sekarang mewajibkan para murid untuk belajar pelajaran yang sama satu sama lain. Jika ada perbedaan biasanya perbedaan yang dating dari pelajaran muatan lokal yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Untuk kurikulum Cambridge mempunyai kebijakan jika para siswa mempunyai kebebasannya sendiri untuk mempelajari pelajaran apa yang mereka suka. Artinya setiap anak akan belajar mata pelajaran yang berbeda berdasarkan minatnya masing-masing. Misalnya saja jika seorang siswa suka matematika, mereka tidak diwajibkan untuk belajar sejarah ataupun pelajaran biologi.

Para siswa nantinya diberikan kebebasan untuk memilih pelajaran yang mereka suka secara mendalam sehingga mereka bisa paham tentang konsep yang kuat, Sistem belajar tersebut membuat para gurunya harus mempunyai kelebihan dan pengalaman mengajar serta mampu mengemas pelajaran menjadi lebih menarik.

Bahasa pengantar yang diterapkan

Di dalam kurikulum nasional menggunakan bahasa pengantar yaitu Bahasa Indonesia. Namun kurikulum nasional tidak membatasi para siswanya untuk belajar bahasa asing lainnya. Siswa tetap bisa belajar bahasa asing lainnya sebagai mata pelajaran wajib ataupun muatan lokalnya.

Untuk kurikulum Cambridge sendiri biasanya menggunakan pengantar bahasa Inggris, bahkan Bahasa Inggris juga digunakan pada buku pelajarannya. Menggunakan bahasa Inggris bertujuan agar siswanya dapat memasuki dunia global dan bersaing di dalamnya. Untuk bukunya sendiri juga memperkenalkan struktur bahasanya sehingga membuat para siswanya tak hanya fasih menggunakan bahasa Inggris, namun pola pikirnya.

Jika sudah tahu perbedaan antara kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge, anda bisa memilih mana yang paling cocok dengan minat dan bakat anda sendiri. Masing-masing kurikulum tersebut mempunyai tujuan dan target masing-masing dan sudah dibuat secara matang. Anda bisa memilih sekolah yang menerapkan kurikulum yang sesuai dan selaras dengan visi dan misi sekolah tersebut.

Untuk rentang pendidikannya sendiri, kurikulum Cambridge sudah diterapkan di jenjang SD, SMP, hingga SMA. Untuk jenjang SD rentang usianya adalah 7 hingga 12 tahun, untuk jenjang SMP rentang usianya adalah 13 hingga 15 tahun, lalu untuk jenjang SMA rentang usia dari 16 hingga 19 tahun . Ada beberapa SMA Cambridge di Indonesia yang bisa anda pilih. Beberapa di antaranya berlokasi di Jakarta dengan ragam keunggulan dan fasilitas yang ditawarkan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *