Mengenal bridging loan, begini penjelasan sistem peminjamannya

October 14, 2021 by - Keuangan

Mengenal bridging loan, begini penjelasan sistem peminjamannya

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, biasanya kita memerlukan uang tambahan yang dapat diperoleh melalui pinjaman jangka pendek. Salah satu jenis pinjaman yang menguntungkan dan perlu anda ketahui serta dapat menjadi referensi yaitu bridging loan. Namun, jenis pinjaman ini masih sangat asing terdengar oleh masyarakat. Oleh karena itu, anda dapat mengetahui lebih dalam tentang bridge loan melalui penjelasan berikut.

Pengertian tentang Bridge Loan

Bridging loan atau bisa disebut dengan bridge loan merupakan pembiayaan jangka pendek yang memungkinkan antara pemberi dan peminjam untuk saling menyesuaikan kebutuhannya. Pinjaman ini biasanya digunakan baik untuk perseorangan maupun kebutuhan bisnis. 

Meskipun termasuk pembiayaan jangka pendek, jangka waktu peminjaman pada bridge loan cenderung dapat diperpanjang hingga 1-2 tahun, tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak. Sementara terkait suku bunganya, pinjaman ini berada pada kisaran 2% atau lebih.

Sistem Peminjaman Bridge Loan

Biasanya seseorang atau perusahaan yang menggunakan bridge loan adalah mereka yang sedang mencari alternatif pembiayaan, seperti sedang menunggu pencairan dana, akan tetapi ada kewajiban yang harus diselesaikan.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pinjaman bridge loan yaitu dengan mempersiapkan kelengkapan dokumen penunjang pada umumnya agar dapat memudahkan petugas dalam memproses pengajuan pinjaman. Proses pendaftaran dan pencairannya biasanya jauh lebih singkat dan sederhana daripada jenis pinjaman lainnya yaitu dapat diselesaikan dalam waktu 5-14 hari, tergantung dengan regulasi bank yang bersangkutan.

Sedangkan untuk pembayaran pinjaman dapat dilakukan menggunakan beberapa cara, seperti: melakukan pelunasan pinjaman sebagai pembayaran yang diangsung tetap secara bulanan atau dengan melakukan pelunasan satu kali di akhir jangka waktu pinjaman. 

Pemanfaatan lainnya dari bridging loan yaitu untuk kebutuhan pembelian real estate atau tanah, seperti digunakan untuk membeli rumah atau merenovasi properti untuk dijual kembali. Selain itu, pinjaman ini juga dapat membantu keinginan seseorang untuk dapat menjual cepat rumahnya setelah direnovasi ataupun membantu seseorang yang membeli pada lelangan dan selanjutnya barang lelang tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *