Begini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

September 19, 2021 by - Reproduksi

Begini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Bagi anda yang sedang merencanakan program kehamilan, menghitung masa subur dengan aplikasi menghitung masa subur merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan peluang mendapatkan buah hati. Karena, saat berhubungan badan pada masa subur, maka berpeluang besar akan terjadi pembuahan yang bisa memperbesar kemungkinan anda untuk hamil.

  1. Pahami terlebih dahulu masa subur wanita

Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur dari ovarium yang bagus untuk dibuahi dalam jangka waktu 12 sampai 24 jam, maka dalam proses ovulasi ini, pertemuan sel telur dan sperma akan memberikan peluang besar untuk menghasilkan embrio. Maka dari itu penting bagi anda untuk mengetahui kapan ovulasi itu terjadi.

Setiap wanita memiliki masa ovulasi yang berbeda-beda, ini bisa ditandai dari seberapa lamanya siklus haid setiap bulan, biasanya siklus haid kebanyakan para wanita adalah 28 hari, maka masa ovulasi bisa terjadi pada hari ke-12 sampai ke-14 dari haid pertama.

Namun hal ini tidak bisa menjadi patokan yang tetap, karena siklus haid dapat berubah dari waktu ke waktu dan lamanya masa haid tersebut bisa mempengaruhi ovulasi, kebanyakan wanita memiliki masa haid antara 2 sampai 7 hari karena inilah ovulasi bisa berubah sepekan lebih cepat atau bisa juga lebih lambat dari periode sebelumnya.

  1. Cara menghitung masa subur

Penting bagi anda untuk memperhatikan siklus haid terpendek terlebih dahulu, sebagai contoh, jika siklus haid anda adalah 27 hari maka rumusnya adalah, 27 dikurangi 18, maka hasilnya adalah 9. Nah angka tersebut adalah hari pertama anda berada dalam masa ovulasi terbaik.

Menghitung dari siklus haid terpanjang, pada sebagian wanita yang memiliki siklus menstruasi dengan waktu panjang, siklus terpanjang yaitu 30 hari, maka cara menghitungnya adalah 30 dikurangi 11 dan hasilnya adalah 19, hasil angka tersebut adalah hari terakhir anda dalam masa subur.

Demikianlah cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid, cara ini mudah dan efektif bagi para wanita yang memiliki siklus haid teratur. Anda tinggal menggunakan aplikasi menghitung masa subur serta mempelajari dan mengingat rumusnya untuk mengetahui kapan masa subur itu terjadi, sehingga dengan begitu, bisa memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan antara sel telur anda dengan sel sperma suami anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *