Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Bekerjasama Dengan Penyedia Jasa Produksi Kosmetik

August 19, 2021 by - Kosmetik

Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Bekerjasama Dengan Penyedia Jasa Produksi Kosmetik

Sekarang ini terjun ke bisnis kosmetik tidak lagi menjadi hal yang sulit.karena Anda bisa bekerjasama dengan penyedia jasa produksi kosmetik. Namun demikian, sebelum benar-benar bekerjasama dengan pihak ketiga, Anda perlu memikirkan beberapa hal, seperti:

Persiapan legalitas 

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kelengkapan legalitas dari perusahaan Anda yang akan bekerjasama dengan pihak pembuat kosmetik. Anda perlu mempersiapkan beragam dokumen legalitas seperti akta pendirian perusahaan, nomer induk berusaha (NIB), jenis badan hukum usaha yang dimiliki, hingga identitas semua pendiri perusahaan. Dokumen ini diperlukan untuk memenuhi aspek profesionalitas dan kepercayaan dengan pihak perusahaan yang akan memproduksi kosmetik. 

Persiapan dana untuk proses produksi

Saat Anda ingin terjun kedalam bidang bisnis kosmetik, pastikan dulu Anda melakukan survey biaya apa saja yang umumnya perlu disiapkan sebelum dan selama bekerjasama dengan penyedia jasa produksi produk kosmetik. Perhitungan dana yang matang akan membantu Anda dalam mempercepat dan memperlancar deadline waktu produksi maupun saat sertifikasi produk. Umumnya biaya yang akan muncul selama pembuatan produk kosmetik, meliputi:

  • Biaya pengujian komposisi produk di laboratorium untuk mendapatkan ijin edar serta sertifikasi dari BPOM maupun MUI.
  • Biaya pembuatan sampel atau contoh produk dengan bahan-bahan yang telah didiskusikan dengan pihak pembuat kosmetik. 
  • Biaya untuk keperluan transportasi dan administrasi dengan pihak-pihak terkait selama proses pembuatan ijin edar.

Merek produk yang akan dirilis

Setiap kosmetik pasti memiliki ciri khas yang bisa membedakan kosmetik tersebut dengan kosmetik lain. Pada saat Anda ingin merilis produk kosmetik, seperti liptint, lipstick, bedak, eyeliner, maupun eyeshadow, Anda perlu memikirkan apa nama brand produk yang akan diluncurkan ke masyarakat. Merek produk kosmetik yang Anda miliki nantinya harus didaftarkan secara resmi ke Direktorat Jendral HKI yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat merek. Keberadaan merek yang jelas juga akan membantu Anda untuk mengedarkan produk secara resmi dan meminimalisir munculnya masalah hukum. 

Fasilitas layanan

Ketika Anda ingin bekerjasama dengan pihak ketiga untuk produksi kosmetik, Anda bisa menanyakan lebih dulu apa saja fasilitas yang akan didapatkan dan sistem perjanjian kerjasama. Tanyakan detail perjanjian kerjasama yang akan Anda lakukan untuk jangka waktu tertentu dengan pihak yang membantu produksi kosmetik agar tidak ada kerugian finansial yang mungkin terjadi di kemudian hari. 

Menyusun konsep varian produk

Ketika Anda ingin memproduksi tidak hanya satu varian kosmetik secara sekaligus, akan lebih baik jika Anda menyiapkan konsepnya terlebih dahulu. Setelah Anda memiliki konsep yang jelas untuk penciptaan produk dan branding, Anda bisa berdiskusi dengan pihak penyedia jasa produksi kosmetik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk kosmetik yang sesuai dengan harapan dan saat diluncurkan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat umum.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *