Jenis Pinjaman Kredit yang Jarang Diketahui Perbedaannya

August 18, 2021 by - Keuangan

Jenis Pinjaman Kredit yang Jarang Diketahui Perbedaannya

Ingin mengajukan pinjaman kredit? Sebelum mengajukan ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kredit berdasarkan kegunaannya. Kredit memang menjadi pilihan dari kebanyakan orang untuk mendapatkan pinjaman uang dalam waktu singkat. Meskipun bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu singkat tapi tetap ada persyaratan yang juga harus dipenuhi. 

Kredit ada bermacam jenisnya maka Anda harus menentukan memilih jenis yang mana. Dengan mengetahui jenis-jenisnya maka akan lebih sesuai juga dengan kegunaan begitupun besaran pelunasannya. Berikut jenis pinjaman kredit yang mungkin belum banyak orang tahu bedanya.

  1. Kredit Berdasarkan Tujuan

Jangan mengira semua jenis kredit itu sama. Kenyataannya kredit terdiri dari beberapa jenis. Yang pertama merupakan kredit berdasarkan tujuan dan terdiri dari kredit konsumtif dan kredit produktif.

Kredit konsumtif merupakan pinjaman yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Anda tidak bisa menggunakannya untuk membeli aset. Karena jika dibelikan aset maka dapat mengalami depresiasi. Sedangkan kredit produktif merupakan pinjaman kredit yang bisa Anda gunakan untuk membeli aset. Dengan membeli aset maka dapat meningkatkan pemasukan karena dijadikan sebagai modal. 

  1. Kredit Berdasarkan Jangka Waktu

Jenis kredit selanjutnya adalah kredit berdasarkan jangka waktu. Yang termasuk dalam kredit jangka waktu diantaranya kredit jangka pendek, kredit jangka menengah dan kredit jangka panjang. Mungkin dari namanya saja Anda sudah bisa menebak intinya.

Kredit jangka pendek biasanya digunakan untuk kepentingan atau usaha pribadi. Masa cicilan yang diberikan dari pihak Bank kurang dari satu tahun. Tentunya ada persyaratan yang tetap harus dipenuhi namun tidak terlalu sulit. Lain halnya dengan pinjaman kredit jangka menengah yang umumnya digunakan untuk usaha kecil atau UKM. Untuk masa cicilan yang diberikan sendiri berkisar kurang lebih tiga tahun.

Dan yang terakhir adalah kredit jangka panjang. Masa cicilan yang diberikan maksimal lima tahun. Kredit jangka panjang dapat digunakan untuk membeli rumah atau membangun usaha. Hanya saja resiko yang dialami cenderung besar. Sehingga dibutuhkan dokumen tambahan seperti ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank agar pinjaman kredit dapat segera cair.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *