Inilah Gejala yang Terjadi Ketika Tubuh Anda Mengalami Ovulasi

August 15, 2021 by - Reproduksi

Inilah Gejala yang Terjadi Ketika Tubuh Anda Mengalami Ovulasi

Setiap wanita memiliki keunikan tubuh yang luar biasa. Hal ini dianugerahkan oleh Tuhan untuk dimiliki wanita. Salah satu keunikan tubuh wanita adalah peristiwa ovulasi dan menstruasi. Kedua hal ini akan sangat mendukung di dalam tujuan pernikahan yaitu memiliki keturunan. Maka sebagai wanita Anda juga harus mengetahui keduanya terutama adalah ovulasi.

Pengertian Ovulasi

Ovulasi adalah masa yang terjadi proses pelepasan sel telur  ke tuba falopi dan pada saat itu memungkinkan terjadinya kehamilan lebih besar peluangnya. Pada masa ini maka sel  telur mengalami fase kematangan. Hal paling mudah dan akurat untuk mengetahuinya adalah dengan produk tes ovulasi.  Namun dalam hal ini juga akan terjadi perubahan dan tanda-tandanya di dalam tubuh yang dapat juga kita amati.

Tanda-tandanya antara lain:

  1. Peningkatan Suhu Tubuh

Suhu tubuh akan meningkat 0,5 derajat dibandingkan hari biasa.

  1. Peningkatan hormon estrogen

Peningkatan hormone ini akan menyebabkan gairah seksual Anda meningkat. Tidak hanya itu, Anda akan terlihat lebih menarik di hadapan pasangan. Terjadi perubahan fisik, misalnya wajah terlihat lebih cantik, bibir lebih berisi, aroma tubuh lebih wangi, suara lebih merdu dan pinggul lebih menarik di mata pasangan Anda.

  1. Nyeri dan kembung pada perut

Nyeri atau kram di perut bagian bawah akan terjadi beberapa jam di tengah siklus ovulasi. Anda tidak perlu khawatir ketika hal ini terjadi. Jangan panic ketika sakit perut. Coba amati apakah hari ini adalah siklus ovulasi Anda. Seringkali tubuh yang sakit akan membuat khawatir, namun ketika tahu bahwa ini adalah ovulasi maka kekhawatiran tidak perlu berlebihan.

  1. Nyeri pada payudara

Penyebab terjadinya nyeri karena meningkatnya hormon progesteron.  

  1. Terjadi keputihan.

Pada saat ovulasi ini ada perubahan pada lendir yang terjadi pada vagina. Ini biasa disebut dengan keputihan. Lendir pada saat itu berwarna bening seperti putih telur. Serviks akan menjadi lebih lunak dan basah sehingga akan memudahkan terjadi pembuahan dalam hubungan Anda dan pasangan.

  1. Lebih peka terhadap bau

Pada masa ovulasi ini maka indera penciuman Anda akan lebih tajam dari biasanya. Anda dapat lebih jelas mencium aroma badan pasangan Anda. Ini pertanda baik bahwa Anda telah memasuki masa subur. Maka ketika Anda memiliki program kehamilan jangan lewatkan masa subur Anda.

Hal  yang dapat Anda lakukan untuk lebih mudah mengetahui dan memastikan ovulasi

  1. Menghitung siklus menstruasi

Anda dapat menghitung melalui siklus menstruasi.

  1. Dengan cara mengetahui ovulasi dari lendir vagina

Untuk melakukan ini maka Anda harus cuci tangan terlebih dahulu, posisikan tubuh nyaman untuk berjongkok, gunakan jari untuk memastikan. Jika lendir yang dihasilkan berbentuk krim maka ovulasi akan datang. Jika lendir berwarna bening seperti putih telur maka sudah memasuki masa ovulasi.  Maka saat-saat itu segera programkan untuk kehamilan. 

  1. Menggunakan produk tes ovulasi

Untuk lebih mudah dan memantapkan maka Anda bisa menggunakan produk tes ovulasi. Hasil yang didapatkan akan lebih akurat untuk meyakinkan diri sudah memasuki masa ovulasi.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *