Apa Simpanan Pelajar itu

August 14, 2021 by - Pelajar

Apa Simpanan Pelajar itu

Pelajar sejak dini sebaiknya sudah mulai dikenalkan dengan berbagai upaya penghematan dan investasi sebagai bekal agar mampu mandiri secara ekonomi dan terampil serta terlatih untuk mengelola keuangannya. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan beberapa bank pelaksana sangat mendukung dengan program simpanan pelajar OJK tersebut.

Apa itu Simpanan Pelajar (SIMPEL)

Simpanan pelajar atau yang disingkat sebagai simpel adalah Produk tabungan Rupiah dalam jumlah setoran tertentu khusus yang cukup terjangkau bagi kalangan pelajar Warga Negara Indonesia, guna memupuk kebiasaan untuk menabung sejak dini. Simpanan pelajar OJK tersebut telah sejak lama diluncurkan dan banyak sekali bank peserta program ini. Dalam hal ini ada simpanan pelajar mandiri yang diselenggarakan oleh bank BUMN terbesar yakni bank Mandiri, lalu ada juga simpanan pelajar bank Syariah Mandiri juga. Kemudian ada simpanan pelajar bank Muamalat, sebagai salah satu bank syariah swasta, dan simpanan pelajar BNI serta simpanan bank BNI syariah, lalu ada juga simpanan pelajar BRI, dan simpanan pelajar BRI syariah. Kemudian untuk bank umum swasta nya ada simpanan pelajar BCA dan lain sebagainya.

Ketentuan dan Syarat Simpanan Pelajar

Simpel atau simpanan pelajar tersebut ditujukan bagi siswa PAUD, dan TK, juga pelajar SD, dan SMP, serta SMA, termasuk juga siswa Madrasah, baik itu MI, dna MTs, serta MA atau pun yang sederajat. Biasanya pihak bank penyelenggara simpanan pelajar tersebut akan secara rutin datang ke sekolah yang bersangkutan. Tabungan tersebut tidak akan dikenakan biaya administrasi bank dan juga tidak mendapatkan bunga karena diganti dari reward yang beragam sesuai kebijakan tiap bank penyelenggaranya masing-masing. Demikian pula dengan fasilitas kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) serta fitur SMS Banking yang tergantung pada kebijakan tiap bank nya juga. Setoran awalnya cukup terjangkau bagi para pelajar  yakni hanya sekitar 5 ribu Rupiah saja pada bank umum dan hanya 1 ribu Rupiah saja pada bank syariah. Lalu setoran selanjutnya ialah mulai bisa mulai dari 1 Ribu Rupiah. Tabungan tersebut atas nama tiap siswa penabungnya. Sedangkan untuk syarat pengambilan ialah maksimal 250 ribu rupiah per bulan pada bank umum dan maksimal 500 ribu Rupiah per bulan pada bank syariah. Jika tabungan tidak aktif atau tak ada transaksi selama 12 bulan berturut-turut maka akan dikenakan biaya penalti rekening dormant sebesar 1 rupiah per bulan. Sehingga agar tabungan tidak habis saldonya maka para pelajar diharapkan selalu aktif menabung setiap bulannya.

Simpanan pelajar ini juga dimaksudkan agar anak-anak sejak dini telah dikenalkan dan memiliki pengalaman bertransaksi dengan bank. Adapun akadnya pada bank syariah ialah berupa akad Mudharabah atau bagi hasil dan Wadi’ah untuk bonus reward tabungannya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *