Wajib Diketahui ! 4 Perbedaan Besi Beton Polos dan Besi Ulir

July 28, 2021 by - Besi Behel Ulir

Wajib Diketahui ! 4 Perbedaan Besi Beton Polos dan Besi Ulir

Dalam menentukan pondasi sesuai konstruksi yang telah dirancang ini pasti memerlukan besi beton agar bangunan bisa tegak. Besi beton ini terdiri dari komposisi kimia yaitu bijih besi, sulphur, carbon dan phosphorus. Sehingga besi beton ini banyak digunakan sebagai tulang untuk membuat dinding cor. Namun ternyata tak banyak orang mengetahui perbedaan antara besi beton polos dan besi behel ulir ini. 

Nah untuk lebih jelasnya lagi mari simak perbedaan antara besi beton polos maupun besi behel ulir ini yaitu sebagai berikut :

  1. Bentuk Permukaan 

Salah satu yang membedakan dari kedua besi beton tersebut yaitu dari bentuknya. Seperti namanya, bentuk permukaan besi polos ini juga polos, dengan bentuk bundar memanjang tanpa adanya variasi tambahan. Sedangkan besi ulir ini memiliki permukaan ulir yang terlihat seperti sirip, kemudian memiliki penampang dasar dengan bentuk bundar. Biasanya bentuk besi ulir ini lebih variasi tergantung pabrik yang memproduksinya.

  1. Fungsi dan Kegunaan

Fungsi dari besi polos sendiri ini digunakan untuk membukus besi ulir dengan posisi memanjang. Sedangkan besi behel ulir ini sebagai tulang untuk membuat dinding bor dan dapat mengaitkan dengan baik. Penggunaan besi polos maupun besi ulir ini diaplikasikan untuk bangunan maupun gedung bertingkat yang lebih membutuhkan daya kait lebih kuat.

  1. Ketahanan  

Ketahanan dari kedua besi ini juga sangat berbeda, bahkan ketahanan besi ulir ini hampir dua kali lipat dari besi polos. Dimana besi polos ini memiliki ketahanan terhadap tekanan sebesar 240 Mpa, sedangkan besi ulir yaitu 400 Mpa. Sehingga besi polos ini lebih mudah dibengkokan, sedangkan besi ulir memiliki ketahanan lebih kuat sehingga lebih banyak digunakan para kontraktor

  1. Ukuran Besi Beton

Di pasaran, terdapat beberapa ukuran yang sering digunakan oleh pembeli yaitu besi polos dengan ukuran 8mm dan 10mm.Ukuran ini biasanya lebih diaplikasikan pada bangunan rumah tinggal. Sedangkan besi behel ulir ini biasanya lebih dibutuhkan untuk pembangunan gedung dengan ukuran 12mm dan 14mm.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *