3 Fungsi Utama Penggunaan Pipa

July 28, 2021 by - Pipa

3 Fungsi Utama Penggunaan Pipa

Pipa merupakan salah satu jenis material yang pasti hadir di setiap bangunan. Pipa itu sendiri adalah selongsong bundar untuk mengalirkan fluida. Pipa memiliki peranan penting dalam sistem plumbing. Ada banyak tipe pipa yang ditawarkan oleh distributor pipa dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa fungsinya.

Mengalirkan Fluida

Semua pipa yang ditawarkan oleh distributor pipa memiliki fungsi utama sebagai media untuk mengalirkan fluida seperti uap, cairan, atau gas dari suatu tempat ke tempat lain dengan cara menghitung efek, temperatur, dan lingkungan sekitar tekanan fluida yang mengalir. Biasanya material ini digunakan untuk menyalurkan air bersih maupun air kotor. Fungsi ini masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tekanan fluida yang dialirkan.

  • Pemakaian tekanan tinggi diperlukan untuk mengalirkan irigasi, air minum, sprinkler, dan saluran bahan kimia
  • Pemakaian tekanan menengah diperlukan untuk saluran irigasi, air minum, dan pembuangan.
  • Pemakaian tekanan rendah diperlukan untuk pembuangan limbah, selokan, pembuangan di jalan raya, pembuangan bahan kimia, dan air hujan.

Struktur Bangunan

Distributor pipa besi juga sering menyediakan pipa untuk struktur bangunan gedung. Pipa besi juga sering digunakan sebagai pelengkap untuk elemen bangunan seperti pembuatan pagar. Jenis pipa yang digunakan untuk keperluan ini biasanya adalah pipa hitam, pipa furniture, pipa galvanis, pipa seamless, dan pipa schedule.

Melindungi Kabel

Dalam sebuah konstruksi bangunan, kabel adalah material yang rawan mengalami kerusakan dan korsleting. Kerusakan pada kabel memiliki resiko yang fatal. Pipa dapat dimanfaatkan untuk melindungi kabel-kabel dari resiko tersiram, terinjak, digigit tikus, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan kabel. Jenis pipa yang digunakan untuk pelindung kabel biasanya tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan ukuran kabel.

Untuk memastikan saluran pemipaan dapat berfungsi dengan baik, pipa tersebut harus terpasang dengan benar. Sebelum mulai pemasangan pipa, Anda dapat memeriksa dulu sumber fluida yang akan dialirkan. Untuk mendapatkan produk terbaik dari distributor pipa, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli plumbing ketika hendak memilih pipa agar tidak salah memilih jenis dan ukuran.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *