Pilih Pelumas Bearing yang Tepat Agar Penuh Manfaat

July 23, 2021 by - Bearing

Pilih Pelumas Bearing yang Tepat Agar Penuh Manfaat

Peran pelumas dalam kerja mesin sangatlah vital, terlebih untuk mesin-mesin yang bekerja dengan tempo yang lama dan memiliki beban berat serta kecepatan tinggi. Sehingga memunculkan pertanyaan penting untuk menjaga bearing dan kinerja mesin tetap optimal. Apa penyebab bearing cepat rusak? Cara memilih pelumas bearing terbaik yang pas?

Kerusakan pada bearing pada umumnya dikarenakan oleh:

Kontaminasi dan Kotoran

Kotoran. Pasir, debu, atau serpihan metal menjadi penyebab utama bearing menjadi terkontaminasi dan berujung pada kerusakan bearing. Kotoran atau kontaminan sering masuk melalui grease atau gemuk, baik itu karena kecerobohan diawal pelumasan maupun saat proses teknis.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan menjaga kebersihan bearing secara berkala. Saat proses pelumasan bearing pastikan peralatan yang digunakan bersih dari segala macam kotoran.

Pemasangan Bearing yang Kurang Baik

Hal ini terjadi karena ketersediaan peralatan yang kurang lengkap, penggunaan pelumas bearing kurang tepat atau ukuran bearing yang kurang sesuai. Selain itu, faktor dari teknisi yang masih belum berpengalaman dan kurang mendapatkan training yang benar untuk proses instalasi. Atau lebih buruk lagi, pemasangan bearing dilakukan dengan asal-asalan, yang penting sudah terpasang.

Pemasangan bearing yang longgar akan berakibat terjadi fretting corrosion, jika pemasangan bearing terlalu ketat bisa berakibat bearing over-heat karena gesekan.

Kelebihan Beban atau Over Capacity

Mesin yang beroperasi dengan beban yang berlebih sangat berpengaruh terhadap usia pakai bearing. Dampak langsungnya, bearing akan lebih sering diganti, dan dipastikan bearing bisa rusak secara tiba-tiba. Walaupun bearing memiliki kualitas terbaik atau menggunakan pelumas bearing terbaik sekalipun tidak akan berpengaruh jika mesin selalu kelebihan beban.

Masalah ini teratasi dengan setting ulang beban kerja ata mengganti bearing dengan spesifikasi yang sesuai beban kerjanya.

Pelumas Bearing yang Tidak Sesuai

Kerusakan bearing karena penggunaan pelumas yang tidak sesuai sering jadi pokok utama permasalahan. Penyebabnya tergolong sepele, seperti pelumas yang tidak sesuai, pelumasan ulang uang kurang sesuai, dan kualitas pelumas bearing yang jelek.

Oleh karena itu memilih pelumas bearing terbaik dan sesuai adalah hal yang mutlak diperhatikan. Sehingga kinerja bearing menjadi maksimal, pelumas lebih awet dan tidak boros, sampai kerusakan bearing yang tiba-tiba bisa dihindari.

Seperti itu penjelasan singkat tentang penggunaan pelumas bearing yang cermat.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *